Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Setelah kita mengetahui beberapa jenis kata dalam bahasa inggris secara umum, saatnya kita belajar membuat kalimat dalam bahasa inggris. Sebelum kita belajar tenses secara bertahap, ada baiknya anda ketahui cara menyusun kalimat sederhana dalam bahasa inggris.

Baiklah saatnya kita mulai.

Berdasarkan jenis-jenis kata dalam bahasa inggris, kita dapat mengelompokkan jenis kalimat menjadi dua yaitu Kalimat Verbal dan Kalimat Nominal

1. Kalimat Verbal

Kalimat verbal adalah kalimat yang mengandung kata kerja (verb). Secara ringkasnya adalah kalimat yang menunjukkan aktivitas.

Contoh:
Saya makan setiap hari.
Ibu memasak di dapur.

Pola Kalimat

Subject + Verb

Examples:
I learn English.
My mother cooks in the kitchen.
Jono goes to school every day.

Jadi pada kalimat verbal, predikatnya adalah kata kerja. Untuk lebih jelasnya mari kita bedakan dengan kalimat nominal berikut ini.

2. Kalimat Nominal

Bila kalimat verbal adalah kalimat yang mengandung kata kerja, maka kalimat nominal adalah kalimat yang mengandung selain kata kerja, bisa berupa kata sifat, kata benda, ataupun kata keterangan.

Contoh :
Kupu-kupu itu sangat cantik.
Temanku pandai.
Aku adalah seorang guru.

Pola Kalimat

Subject + To be + ANA

Keterangan
Subject adalah I, You, We, They, He, She, It, Nama Orang
Tobe adalah is, am, are.
is ( He, She, It )
am ( I )
are ( You, They, We )
ANA ( Adjective, Noun, Adverb ) atau selain kata kerja (Verb)

Example :
The butterfly is beautiful
My friend is clever
They are teacher.

Bedakan penggunaan kalimat verbal dan nominal untuk lebih memahaminya! untuk kalimat verbal, tidak menggunakan to be, tetapi dalam kalimat nominal hanya menambahkan to be setelah subject (pelaku).

Semoga cara membuat kalimat sederhana dalam bahasa inggris ini dapat membantu anda dalam belajar bahasa inggris, terutama dalam membuat kalimat dalam bahasa inggris.

Comments

Popular Posts