Cara Mudah Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Kosakata dalam bahasa inggris sangat penting, tanpa kosakata hampir dapat dipastikan seseorang tidak dapat berbicara dan memahami bahasa inggris karena pada hakikatnya suatu bahasa adalah sebuah kosakata.

Jadi kalau kita hapal dan paham lebih banyak kosakata dalam bahasa inggris, maka akan lebih mudah kita menguasai dan menggunakan bahasa inggris.

Bagaimana cara mudah belajar kosakata bahasa inggris ?

Berikut adalah beberapa cara mudah menambah kosakata bahasa inggris yang saya lakukan.

1. Membaca teks bahasa inggris

Membaca merupakan cara paling mudah dan sangat efektif untuk memperkaya kosakata bahasa inggris karena dengan membaca, anda akan banyak menemukan kosakata baru. Bisa dengan membaca majalah dalam bahasa inggris, novel dalam bahasa inggris, buku bahasa inggris dan sumber yang paling mudah dan paling kaya kontennya adalah internet. Karena di internet anda dapat menemukan banyak sekali bahan bacaan dalam bahasa inggris.

Selain untuk menambah kosakata, dengan membaca juga dapat menambah pengetahuan anda. Bacalah hal-hal yang anda sukai agar anda tidak merasa bosan. Kemudian catatlah kata kata yang belum diketahui untuk kemudian mencari artinya dalam kamus. Kalau saya lebih senang menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan kata-kata sulit karena lebih praktis.

Teruslah membaca karena cara ini sangat efektif untuk menambah perbendaharaan kosakata anda.

2. Menulis dalam bahasa inggris

Selain membaca, menulis merupakan cara yang efektif untuk memperkaya kosakata bahasa inggris anda. Karena dengan menulis anda akan dituntut untuk menggunakan kata-kata baik yang sudah anda ketahui atau pun yang belum untuk mengungkapkan maksud yang akan anda ungkapkan dengan tulisan.

Untuk memulai menulis tidak usah bingung untuk memulainya, karena banyak kesempatan untuk memulai menulis misalnya:

  • Menulis di Facebook. Bla anda senang menghabiskan waktu luang anda di jejaring sosial seperti facebook, ini merupakan kesempatan anda untuk berlatih bahasa inggris dan menambah kosakata bahasa inggris.
  • Menulis di Blog. Dengan membuat blog, anda bebas untuk menulis apapun yang anda inginkan. Tulislah sesuatu tema yang anda sukai dengan bahasa inggris, bisa tentang tema tertentu yang anda sukai atau menulis tentang keseharian anda.
  • Menulis buku harian. Bila anda lebih menyukai menulis di buku harian, mulailah menulis dengan bahasa inggris tentang hal-hal yang anda jumpai dan anda alami dalam keseharian anda.
Percayalah menulis adalah cara yang sangat efektif untuk menambah kosakata bahasa inggris anda dan untuk melatih kemampuan anda dalam bahasa inggris, karena saya sendiri juga memiliki beberapa blog dalam bahasa inggris untuk melatih bahasa inggris saya terutama adalah kosakata.

3. Menonton berita bahasa inggris di TV

Menonton berita dalam bahasa inggris selain untuk belajara kosakata bahasa inggris juga dapat melatih pronunciation (pengucapan bahasa inggris) dan listening skill anda. Selain TV, media lain seperti siaran radio, youtube juga bisa dijadikan alternatif lain.

4. Menggunakan kosakata baru dalam percakapan

Gunakanlah dalam percakapan sehari-hari anda kata-kata yang sudah anda dapatkan agar tidak mudah lupa dan menjadi bagian dari perbendaharaan kata anda. Bila saya susah mendapatkan pasangan untuk praktek bahasa inggris, saya biasanya menyiasatinya dengan chatting di Facebook dan Yahoo Messenger.

5. Menghafal kosakata bahasa inggris

Pada awal-awal saya belajar bahasa inggris, saya biasanya membiasakan menghafal minimal 10 kata baru yang berkaitan dengan hal-hal yang sering saya jumpai di sekitar saya dan merupakan kata-kata yang sangat umum digunakan. Saya biasanya menghafal dari buku kosakata bahasa inggris yang saya dapatkan ketika kursus bahasa inggris.

Demikianlah 5 cara mudah belajar kosakata baru dalam bahasa inggris yang pernah dan masih saya lakukan. Namun yang paling penting adalah praktekkan dan gunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi karena bahasa inggris bukan untuk dipelajaru tetapi digunakan.


Comments

Popular Posts