Pengalamanku Mengajar Bahasa Inggris Anak SD

Mengajar bahasa inggris untuk anak-anak merupakan kegiatan yang sudah cukup lama saya lakukan, selain karena saya suka anak-anak, saya juga merasa senang bisa berbagi ilmu kepada orang lain karena dengan mengajar, secara tidak langsung saya terus mengasah kemampuan saya dalam berbahasa inggris.

Saya biasa mengajar anak-anak pada hari minggu dan hanya sekali dalam seminggu karena selain kesibukan di dunia online juga di dunia offline. Waktu belajarnya bisanya hanya satu sampai satu setengah jam kadang juga lebih dari itu bila memang diperlukan.

Satu kelas biasanya terdiri dari 10 sampai 15 anak, karena menurut saya semakin banyak anak dalam satu kelas proses mengajarnya kurang maksimal jadi apabila jumlah anak melebihi kapasitas, saya biasanya membaginya lagi menjadi beberapa kelas dan setiap kelas terdiri rata-rata 10 sampai 15 siswa.

Untuk pengelompokkannya biasanya saya kelompokkan berdasarkan kelas mereka pada sekolah. Jadi kelas empat SD bisa dengan kelas empat SD, atau kelas tiga dengan kelas empat, kelas satu dengan kelas satu dan seterusnya.

Untuk materi biasanya saya membagi menjadi dua bagian. Yang pertama saya menekankan pada penguasaan kosakata. Jadi sebelum atau sesudah belajar saya selalu megetes hafalan kosakata murid-murid saya. Sistemnya adalah setiap siswa biasanya diberikan buku kosakata untuk dihafalkan ketika anak dirumah dan ketika di kelas biasanya anak-anak sudah hafal dan saya tinggal mengecek hafalan kosakata mereka.

Untuk jumlah kosakatanya saya tekankan minimal 10 kosakata dan maksimal sebanyak-banyaknya sesuai kemampuan mereka dan kebanyakan mereka menghafal lebih dari 10 kosakata mungkin karena mereka senang dan saling bersaing satu sama lain.

Yang kedua adalah materi bahasa inggris, jadi biasanya saya mengajarnya materi dahulu sampai 30 menit atau 45 menit dan sisanya untuk hafalan bahasa inggris.

Selain materi, saya juga sering sekali memberikan permainan yang berkaitan dengan materi bahasa inggris ataupun tidak berkaitan dengan meteri tetapi masih ada hubungannya dengan bahasa inggris. Saya juga kadang-kadang memberi materi komputer dan praktek langsung mengoperasikan komputer. Jadi untuk tambahan pengetahuan mereka dan sebagai selingan agar anak-anak tidak merasa bosan.

Ya, saya rasa itu dulu untuk cerita sedikit pengalaman saya mengajar bahasa inggris untuk anak-anak. Mungkin lain kali saya akan sampaikan juga pengalaman saya mengajar bahasa inggris untuk lulusan SMA.

Sekian semoga bermanfaat dan barang kali teman-teman ada juga yang mau berbagi pengalamannya belajar bahasa inggris silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Comments

Popular Posts