Metode Belajar Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Ada banyak metode belajar bahasa inggris dan intinya adalah sama yaitu supaya bisa menguasai bahasa inggris dengan lebih efektif.

Kali ini saya akan share salah satu metode belajar bahasa inggris yang diterapkan di salah satu tempat kursusan bahasa inggris di kota saya. Kebetulan saya dulunya pernah ikut serta didalamnya. Menurut saya lembaga ini cukup ramai oleh peserta yang belajar di sana. Para siswanya diantaranya adalah dari anak-anak sekolah baik SD, SMP dan SMA. Selain anak sekolah ada juga yang dari kalangan umum yang ingin belajar bahasa inggris.

Untuk tenaga pengajar ada 4 orang teacher, 2 di bagian administrasi dan 1 directur yang juga merangkap sebagai teacher. Waktu kegiatan pembelajarannya untuk hari-hari biasa yaitu pada hari selasa sampai sabtu dan waktunya sore hari dimulai sekitar pukul 14.00-17.00 setiap pembelajaran berlangsung selama satu jam.

Dan untuk hari minggu dimulai dari pagi sekitar jam 08.00 pagi dan keseluruhan kelas berakhir sekitar jam 16.00. Hari seninnya libur.

Nah untuk sistem belajarnya adalah sebagai berikut:

1. Hafalan Kosakata

Setiap siswa diwajibkan menghafal kosakata dirumahnya biasanya setiap anak diberi buku kosakata praktis yang berisi kosakata sehari-hari dan setiap level berbeda pula buku kosakatanya. Dan ketika mereka berangkat les, maka diharuskan setor kosakata tersebut minimal 10 kosakata dan maksimal sebanyak-banyaknya. Yang paling banyak hafalannya maka lebih cepat menghabiskan buku tersebut dan akan naik level. Untuk waktu menghafalnya biasanya setelah para siswa selesai belajar di kelas.

Waktu belajar adalah satu jam, jadi 45 menit untuk belajar mengajar dan 15 menit sisanya untuk setor kosakata. Selain pada waktu belajar, hafalannya juga bisa kapan saja selama ada waktu luang dan ada teacher yang sedang ada waktu juga. Jadi fleksibel waktunya, misalnya saat menunggu waktu masuk kelas atau saat istirahat.

Untuk penilaian hafalannya dari 10 kosakata maka maksimal salah atau kurang lancar adalah sebanyak 3 kosakata. Jadi kalau lebih dari 3 salahnya, maka harus mengulang di lain waktu bisa hari itu juga atau lain hari.

2. Belajar Menulis

Setelah para siswa selesai setor hafalannya kemudian disusul dengan tes tulis. Yaitu menuliskan kosakata yang telah dihafalkan tadi tujuannya adalah selain hafal kosakata juga tahu tulisannya karena kita tahu kalau bahasa inggris itu tulisan sama ucapannya berbeda (tidak konsekuen mungkin yah, lah tulisannya sama ucapannya beda) tapi itulah uniknya bahasa inggris. Walaupun demikian kalau sudah terbiasa maka dengan sendirinya kita akan tahu apa yang diucapkan dengan tulisannya. Saya sudah membuktikannya, believe me it works.

3. Game atau Permainan

Bermain game memang asyik apalagi kalau belajar bahasa inggris dengan pembawaan game jadi seolah tidak terasa sedang belajar padahal sedang bermain sambil belajar. Nah ini juga yang diterapkan dalam belajar mengajar bahasa inggris di kursusan tersebut. Selain menyenangkan juga belajar tidak membosankan.

4. Mendengarkan Kaset dan Film Bahasa Inggris

Cara paling efektif untuk belajar bahasa inggris adalah dengan langsung praktek. Kita tidak belajar sekalipun kalau kita berada di negara yang menggunakan bahasa inggris maka dijamin akan bisa bahasa inggris tanpa belajar.

Nah dengan cara mendengarkan nativ speaker ngomong bahasa inggris lewat kaset atau film adalah salah satu metode praktek juga.

Walau tidak sering tetapi sesekali para siswa ada kegiatan listening dan watching bahasa inggris.

5. Megadakan Study Tour Untuk Praktek Bahasa Inggris

Tujuan dari study tour ini adalah untuk praktek bahasa inggris secara langsung dengan turis dari luar negeri. Tujuan lokasinya sudah tentu tempat wisata yang banyak turisnya. Refreshingnya dapet, belajarnya juga dapet.

Barang kali itu dulu yang bisa saya share tentang metode belajar bahasa inggris yang saya tahu. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda baik yang ingin belajar bahasa inggris maupun yang ingin mengajar bahasa inggris. Tentunya setiap lembaga kursusan bahasa inggris mempunyai sistem belajar yang berbeda satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts