Membuka Usaha Sampingan Les Privat Bahasa Inggris

Bagi Anda yang kreatif dan ingin menekuni usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah, peluang masih terbuka lebar salah satunya adalah membuka bimbingan belajar untuk anak sekolah, yang biasa dikenal dengan les privat.

Ada beberapa mata pelajaran (mapel) yang bisa diajarkan sesuai dengan keinginan dan keahlian, tentunya dengan melihat market juga. Mulai dari semua mapel, atau hanya mapel tertentu seperti Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Atau hanya menangani satu mapel saja, misalnya Matematika saja atau Bahasa Inggris saja.

Kali ini saya akan share pengalaman saya membuka les privat Bahasa Inggris di rumah.

Awal mula saya menekuni usaha ini karena waktu itu saya belum menemukan pekerjaan tetap setelah lulus SMA karena waktu itu saya baru lulus sekolah sekitar tahun 2008. Jadi saya beranggapan sambil menunggu mencari pekerjaan rasanya tidak ada salahnya kalau saya sambil usaha les privat Bahasa Inggris. Alasannya karena saya suka pelajaran Bahasa Inggris dan sedikit menguasai ditambah lagi saya PeDe kalau ngomong Bahasa Inggris. Hehe...

Waktu itu saya tidak terlalu berpikir panjang untuk segera memulainya. Saya langsung action saja yang penting jalan dulu. Jadi tidak terlalu dipikirkan teknisnya nanti bagaimana, kalau seperti ini bagaimana, dan beberapa pikiran negatif yang lain. Jika ada kekurangan saya perbaiki sambil jalan.

Untuk pemasarannya, saya memulai dengan memberi tahu anak-anak tetangga sekitar rumah saya dan sambil menyuruh mereka untuk mengajak teman-temannya yang masih satu kelas di sekolahan untuk ikut les dengan alasan supaya nantinya ramai dan lebih asyik belajarnya kalau temannya banyak.

Mulailah ada beberapa orang tua yang mempercayakan anak-anaknya untuk les bahasa iggris dengan saya. Waktu itu hanya beberapa anak yang mendaftar saya lupa jumlahnya dan langsung saya jalan.

Akhirnya setelah berjalan, pelan-pelan orang-orang mulai tahu tentang les saya dan mulailah secara bertahap murid-murid saya bertambah. Orang jawa bilang gethuk tular jadi dari mulut ke mulut. Bahkan tidak sedikit juga ada orang tua yang meminta saya untuk les Matematika anaknya.

Mulailah saya siapkan keperluan sarana prasarananya seperti administrasinya kelengkapan belajar dan yang lainnya. Saya masih ingat waktu itu ketika saya membuatkan buku kosakata untuk murid-murid saya, saya dibantu oleh adik saya yang masih sekolah dan dia menjabat sebagai sekertaris saya.

Akhirnya jadilah sebuah usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah yaitu les privat Bahasa Inggris.

Itulah sekelumit kisah tentang pengalaman saya membuka usaha sampingan les privat bagi teman-teman yang mempunyai keinginan yang sama tidak ada salahnya untuk memulainya dari sekarang. Tidak hanya usaha les privat saja tentunya karena masih banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dirumah baik hanya sebagai usaha sampingan part time atau sebagai full time.

Selamat berwirausaha dan semoga sukses.

Comments

Popular Posts